Jumat, 12 Desember 2014

Bal borok

Cerita rakyat desa ini banyak sekali hikmahnya, awal cerita...

Suatu hari ada sebuah desa yang asri dan sangat jauh dari perkotaan . Kehidupan sihir masih kental didaerah kalibening, lumajang ini . Rumah yang jarang dan sawah yang melintang luas dengan perpaduan pemandangan gunung yang tinggi. Didaerah itu hidup seorang ibu dan satu anak yang banyak menerima cacian dari masyarakat sekitar. Anak ibu tua itu bermana "bal borok" itu julukan yang diberikan masyarakat sekitar karena tubuhnya yang penuh luka (borok) dan bindeng (hidung yang menggema)  itulah asal mula cacian tersebut. Sebenarnya bal borok ini anak yang  baik, bijak,dan sangat menyayangi ibunya. Dengan sabar dia menghadapi cacian masyarakat .


Pernah dihari yang indah bal borok pergi memancing didanau yang agak jauh dari rumahnya. Ball borok berpamitan kepada ibunya "ihuukk, ahu manhing dulu aaaa." Ibunya menjawab " mancing kemana toh lee, ibu sudah ambil singkong buat kita makan leee". Ball borok menyaut " hanau huukk, hita mahan ihan huuk." Dengan nekat akhirnya dia berangkat dengan peralatan pancing seadaanya. Sesampainya dia di danau, sekitar 10menit dia duduk dan menyanyi syair lagu ini " hikkk ohok ihikkk atu anhik hahu ireng" untuk memeperjelas dia menyanyi "hikk ohok ihik ratu cantik baju hitam". 

Didanau itu dia melihat wanita cantik yang akan bunuh diri. Dia berlari dan menarik tangannya, disini sang wanita jatuh cinta kepada ball borok kaarena tanpa mengenal siapa sang wanita ini baal borok mau membantu wanita yang akan bunuh diri ini. Wanita ini merasa hidupnya sudah tidak berarti karena sudah berumur 30 thn dia belum menikah karena bau badannya yang amis dan anyir

Dengan keyakinan bahwa sang pria ini jodonha dia memeluk ball borok dan mengajaknya menikahi dan melarang ball borok jijik kepadanya, ball borokpun merasa bahwa didiri wanita ini dia merasa dihargai dan tidak dicaci, ball borokpun memeluk dan berjanji akan menikahinya. Setelah itu ada keajaiban ball borok ini berubah menjadi pria tampan,gagah,dan wangi begitupun wanita tadi berubah cantik dan wangi. 

Sekian dan terima kasih saya harap dengan membaca Cerita ini kalian bisa mengambil makna dan himahnya :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar